Minggu, 30 Juni 2013

PERAN GURU MASA DEPAN

PERAN GURU MASA DEPAN

Peran guru tidak bisa lepas dari karakteristik pekerja profesional. Artinya, pekerjaan guru akan dapat dilakukan dengan baik dan benar apabila seseorang telah melewati suatu proses pendidikan yang dirancang untuk itu. Sebagai suatu pekerjaan profesional, sudah barang tentu kemampuan guru harus secara terus-menerus ditingkatkan. Meski andai kata tidakpun guru tetap akan dapat melaksanakan tugas memenuhi standar minimal. Pada bab ini antara lain dibahas upaya peningkatan mutu guru dengan mendasarkan pada kemauan dan usaha para guru sendiri. Artinya, guru tidak harus didikte dan diberi berbagai arahan dan instruksi. Yang penting adalah perlu disusun standar profesional guru 'yang akan dijadikan acuan pengembangan mutu guru dan pembinaan guru diarahkan pada sosok guru pada era globalisasi ini. Sosok guru ini penting karena guru merupakan salah satu bentuk soft profession bukannya hard profession seperti dokter atau insinyur. Sudah barang tentu pendidikan dan pembinaan guru akan berbeda dengan dokter atau insinyur. Karena hakekat kerja dua bentuk profesi tersebut berbeda. Berbagai perubahan akan terjadi baik teknologi, ekonomi, sosial, dan budaya. Guru tidak mungkin menisbikan adanya berbagai perubahan tersebut. Guru harus mengembangkan langkah-langkah proaktif untuk menghadapi berbagai perubahan.
Untuk menemukan pendidikan yang berakar budaya bangsa perlu dilaksanakan penajaman penelitian pendidikan. Namun dalam mencari pendidikan yang berakar pada budaya bangsa tidak berarti bahwa pendidikan harus bersifat ekslusif. Hal ini bertentangan dengan realitas globalisasi. Oleh karena itu, pencarian pendidikan yang berakar pada budaya bangsa harus pula memahami globalisasi yang dapat dikaji berdasarakan perspektif kurikuler dan perspektif reformasi. Bagaimana tantangan pendidikan yang harus dihadapi dimasa depan dibahas pula pada bab ini. Tantangan yang mendasar adalah bagaimana dapat melakukan reformasi pendidikan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi level kelas. Sejalan dengan upaya menemukan pendidikan yang berwajah Indonesia yang bermutu, kemampuan guru, kemauan guru dan kesejahteraan guru mutlak harus ditingkatkan. Upaya ini, jelas, bukan hal yang mudah tetapi sekaligus menantang. Sebab, guru di masa depan akan menghadapi persoalan-persoalan yang berbeda dengan di masa sekarang. Sosok guru di masa depan harus mulai dipikirkan. Pada prinsipnya tugas guru adalah mengimplementasikan kurikulum dalam level kelas. Kurikulum bagaikan paru-paru pendidikan, kalau baik paru-parunya baik pulalah tubuhnya. Dibahas pula tentang bagaimana seharusnya kurikulum dikembangkan. Dua landasan kurikulum adalah apa kata hasil-hasil penelitian tentang otak dan apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selanjutnya, dibahas permasalahan ketimpangan dalam ruang-ruang kelas yang berujud prestasi siswa. Memang, ketimpangan pendidikan tidak bisa dilepaskan dari ketimpangan sosial ekonomi keluarga. Secara konkret pada level kelas harus dikembangkan kebijakan untuk mengurangi ketimpangan tersebut. Cooperative Learning Model diharapkan akan dapat mempersempit ketimpangan prestasi siswa. Prestasi siswa memang tidak hanya ditentukan oleh kemampuan mengajar guru semata. Kultur sekolah oleh berbagai penelitian dipastikan ikut memegang peran penting. Oleh karena itu, dalam bab ini secara khusus dibahas masalah kultur sekolah dan bagaimana pembentukan serta peran kepala sekolah. Dan sudah barang tentu, kualitas pendidikan tidak hanya dapat diartikan pencapaian prestasi akademik semata, untuk itu perlu dibahas tentang prestasi atau hasil pendidikan yang utuh. Buku ini diakhiri dengan bahasan tentang bagaimana reformasi pendidikan harus dilaksanakan.
Teknologi Informasi
Salah satu permasalahan yang perlu mendapat perhatian dalam Konkernas PGRI adalah bagaimana guru masa depan kita terkait dengan makin majunya teknologi informasi yang sudah diaplikasi di sekolah.
Kalau kita bertandang ke kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan, akan kita temukan tidak sedikit guru kita yang pandai mengaplikasi teknologi informasi untuk pembelajaran. Mereka tidak kalah berkualitas apabila dibandingkan dengan guru-guru di sekolah terbaik di negara maju seperti Thomas Jefferson High School (TJHS) yang tahun 2009 dinobatkan sebagai SMA terbaik di Amerika Serikat (AS).
Banyak sekolah kita yang mulai menerapkan metode learning based internet (LBS) dalam pembelajarannya. Dalam metode ini referensi yang digunakan adalah referensi internet dan materi pelajarannya pun banyak yang di-download dari internet. Lebih daripada itu, pengembangan kurikulum dan silabusnya pun didasarkan pada perkembangan internet itu sendiri. Dalam keadaan seperti ini, sudah tentu guru dituntut menguasai internet kalau tidak ingin diolok-olok oleh siswanya. Ternyata guru kita pun dengan cakap dan terampil mampu menguasainya.
Siapa bilang guru Indonesia kalah cerdas dan kalah terampil dibanding guru AS, khususnya guru-guru TJHS sebagai sekolah terbaik dan bernilai tertinggi di AS.
Memang benar guru kita banyak yang sekualitas guru AS, namun sayangnya, jumlah guru yang seperti itu relatif sangat terbatas. Kalau kita bertandang ke daerah pedesaan atau daerah pelosok lainnya, banyak guru yang belum akrab dan merasa asing dengan internet. Jangankan menguasai internet, guru yang rumahnya belum terjangkau aliran listrik pun tidak kecil jumlahnya. Bagaimana mungkin mereka akrab dengan internet kalau listrik saja belum diakrabinya.
Sesekali pergilah ke Papua, Papua Barat, Maluku Utara, dan NTT. Kita tidak perlu heran kalau untuk berjalan ke sekolah dari ibu kota kabupaten, diperlukan waktu 2 hari 2 malam. Lalu bertandanglah ke Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, dan NTB. Kita tidak perlu heran kalau untuk bersampan ke sekolah dari ibu kota kabupaten, diperlukan waktu berjam-jam. Bagaimana mungkin guru di sekolah tersebut akrab dengan internet kalau sekolahnya terisolasi?
Apabila kita kuantifikasi, jumlah guru kita yang menguasai internet barangkali jauh lebih sedikit dibanding para guru yang belum familiar dengan internet; termasuk yang belum pernah menyentuh komputer.
Guru Masa Depan
Tidak bisa tidak, guru Indonesia masa depan adalah guru yang dapat menguasai internet. Relevan dengan Moore’s Law yang diciptakan oleh Gordon E Moore bahwa ke depan setiap orang hendaknya akrab dengan “peralatan mikro” (baca: internet) supaya mampu mengikuti perkembangan informasi.
Guru Indonesia masa depan harus mampu menguasai internet serta siap mengaplikasikannya baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Nantinya pasti akan terasa lucu kalau ada guru yang tidak mengenal komputer dan internet. Kalau guru kita tidak mengenal internet, nanti akan makin tertinggal oleh guru-guru di negara maju. Bahkan, dengan guru-guru Malaysia yang dulu pernah berguru di Indonesia pun, guru-guru kita akan makin tertinggal.
Penguasaan internet para guru secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan nasional. Dengan menguasai internet, maka pengetahuan, ilmu, dan teknologi yang ditransfer kepada siswa akan lebih menarik, lebih cepat, dan lebih aktual.
Memang harus disadari bahwa internet bukanlah segala-galanya. Guru Indonesia masa depan memang harus menguasai internet, tetapi di sisi yang lain harus tetap memahami kultur, sikap, dan nilai keindonesiaan. Hal ini pun merupakan hal yang tidak bisa ditawar pula. Jadi, guru Indonesia masa depan adalah guru yang tetap memahami kultur, sikap, dan nilai keindonesiaan di satu sisi dan menguasai teknologi informasi di sisi lain.

sumber:
Ki Supriyoko n DR. ZAMRONI

Klasifikasi Tumbuhan



Klasifikasi Tumbuhan (Plantae)


Klasifikasi bukan hal yang asing bagi kita, karena hal tersebut merupakan salah satu kegiatan dasar dari keberadaan kita di bumi. Istilah klasifikasi dugunakan untuk dua hal yang luas, yaitu: (1) proses klasifikasi, (2) produk dari klasifikasi tersebut, yaitu system klasifikasi. Tumbuhan dan hewan pada dasarnya diklasifikasikan dengan proses yang sama seperti mengelompokan benda tak hidup, yaitu atas dasar cirri-ciri bersama yang mereka miliki. Makhluk hidup di dunia ini begitu banyak begitu pula dengan keanekaragamannya sehingga untuk memudahkan mempelajarinya diperlukan klasifikasi.

Semua klasifikasi bertujuan agar kita mengingat sedikit mungkin, tetapi dalam ingatan tersebut mengandung informasi yang sebanyak-banyaknya. Suatu system klasifikasi dapat berfungsi sebagai petunjuk dalam mengenal tumbuhan yang belum diberi nama, yaitu dengan membandingkannya dengan kelompok tumbuhan yang telah dikenali atau diberi nama. Klasifikasi juga bertujuan untuk memudahkan kita mempelajarinya.
A. Sistem klasifikasi
Klasifikasi adalah penempatan organism secara berurutan pada kelompok tertentu (takson) yang didasarkan atas persamaan dan atau perbedaan. System klasifikasi dibedakan menjadi 3 yaitu:
(1) Sistem Klasifikasi Alamiah
Dikemukakan oleh Theophrastus (370SM-285SM), salah satu murid Aristoteles. System klasifikasi alamiahh didasarkan pada bentuk yang dapat dilihat dengan mata biasa (Morfologi).
(2) Sisitem Klasifikasi Buatan
Dikemukakan oleh Carolus Linnaeus (1707-1778), seoarang ilmuwan dari Swedia ia dikenala sebagai bapak Klasifikasi dasar yang digunakan adalah alat reproduksi seksual., dasar lain yang digunakan adalah morfologi. Sisitem klasifikasi buatan merupakan penggolongan mahluk hidup berdasarkan pengaruhnya terhadapa manusia misalnya: beracun atau berguna, piaraan atau liar, gulma atau sayuran.
Carelus Linnaeus atau Carl (von) Linne adalah seorang ilmuwan Swedia yang meletakan dasar tatanama biologi. Ia dikenal sebagai “bapak taksonomi modern” dan juga merupakan salah satu bapak ekologi modern. Linnaeus adalah ahli botani yang paling dihormati di masanya. Selain menjadi ahli botani, Linnaeus juga ahli dalam zoology dan adalah seorang doketr. System Linnaeus mengklasifikasikan tingkatan-tingkatan, dimulai dengan tiga “kerajaan”. Kerajaan di bagi ke dalam kelas dan masing-masing Kelas terbagi dalam ordo, yang dibagi dalam Genera (bentuk tunggal: genus), yang dibagi dalam Spesies. Di bawah spesies, Linnaeus kadang menyebutkan takson yang tidak diberi nama (untuk tumbuhan, hal ini sekarang dinamai “varietas”).
(3) Sistem Klasifikasi filogenetik
Diciptakan oleh Charles Darwin 1859, ia menerbitkan buku tentang teori evolusi. Ia menyatakan bahwa persamaan struktur tubuh menunjukkan hubungan kekerabatan yang lebih dekat. Didasarkan urutanperkembangan mahluk hidup (filogeni) serta mengetahui hubungan kekerabatan antara satu dengan yang lainnya. Walaupun dalam abad ke-20 para ahli taksonomi pada umumnya menganut system filogenetik, namun dalam penerapannya hasil klasifikasi mereka masih berbeda-beda.
B. Cara Klasifikasi dan Tata Nama
Cara klasifikasi disebut taksonomi atau disebut juga tingkat pengelompokkan.Taksonomi merupakan cabang ilmu hayat atau biologi yang bertugas untuk mengadakan klasifikasi,identifikasi dan tata nama makhluk hidup baik yang masih ada ataupun yang dulu pernah ada.Tingkatan ini disusun oleh kelompok (takson) yang paling umum sampai kepada kelompok yang paling khusus,dengan urutan tingkatan sebagai berikut.
Regnum
Divisio
Classis (kelas)
Ordo (bangsa)
Familia (suku)
Genus (marga)
Spesies (jenis)
Dalam biologi,yang dimaksud dengan kerajaan atau regnum adalah tingkatan paling atas,atau hampir paling atas,dari klasifikasi ilmiah makhluk hidup.Divisio atau divisi adalah kelompok besar peringkat tertinggi dalam pengklasifikasian tumbuhan dengan nama-nama yang biasanya berakhiran phyta,yang lazim diakui adalah Schizophyta,Thallophyta,Bryophyta,Ptertidophyta,dan spermatophyte.Classis (kelas).unit berikutnya yang diakui.Ordo (bangsa),masing-masing mempunyai nama yang berakhiran –ales,dan terdiri atas satu atau sejumlah.Familia(suku),mempunyai nama-nama yang berakhiran –acceae.Biasanya seluruhnya memiliki satu atau beberapa cirri yang khas (yang mudah dikenal) yang merupakan “cap” bersama.Genus (marga),anggota-anggota dalam sejumlah sufat-sufatnya sangat mirip satu sama lain,dan masing-masing terdiri atas satu atau beberapa.Spessies (jenis),yang mewakili unit terkecil dalam klasifikasi yang dipakai secara umum,yang merupakan unit yang anggotanya memiliki kemiripan yang luas.
Nama ilmiah digunakan sebagai alat komunikasi ilmiah diseluruh dunia.Sisten tata nama yang digunakan disebut “Binomial nomenclatur” yaitu pemberian nama jenis-spessies dengan menggunakan dua kata.Sistem penamaan ini dipopulerkan oleh Carolus Linnaeus.Nama ilmiah setiap jenis tumbuhan biasanya tersusun atas dua kata latin atau kata yang dilatinkan,yang kata pertama merupakan nama marga yang membawahi jenis itu dan kata kedua merupakan penunjuk jenis.Huruf pertama menunjukkan marga ditulis dengan huruf besar sedangkan huruf pertama [penunjuk jenis ditulis dengan huruf kecil.Setiap organism memiliki satu nama yang sah.Semakin tinggi takson menunjukan semakin sedikit persamaan yang dimiliki dan makin banyak kelompoknya.Sebaliknya,semakin rendah takson se4makin benyak persamaannya dan semakin sedikit kelompoknya.Berikut ini adalah contoh tingkat klasifikasi tumbuhan.
Divisi               : Spermathophyta
Subdivisi         : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledonae
Ordo                : Ranales
Falimi              : Magniliaceae
Genus              : Magnolia
Spesies                        : Magnolia grandiflora (sempaka putih)
Berdasarkan ada dan tidaknya berkas pengangkut, tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu tumbuhan tak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh.
1) Tumbuhan tak Berpembuluh
a. Lumut
lumut (bryophyte), merupakan tumbuhan higrofit yang hanya dapat tumbuh di tempat yang lembab dan teduh. Lumut memiliki akar yang rizoid. Tumbuhan lumut dapat di bedakan menjadi tiga, yaitu lumut tanduk, lumut hati, dan lumut daun.
Lumut tanduk hidup melekat di tempat basah dengan rizoid. Ciri khasnya adalah memilikii kotak spora (sporangium) berbentuk seperti tanduk. Lumut Hati (Hepaticae), tumbuh di permukaan tanah, batu, dan tempat yang terlindung dari sinar matahari secara langsung. Contohnya Marchantia polymorha. Lumut daun (Musci) banyak ditemukan ditempat-tempat lembab di atas tanah, batu atau tembok. Lumut ini hidupnya berkelompok. Contohnya, pogonatum cirrhatum.
b. Ganggang
Ganggang ada yang terdiri dari satu sel atau banyak sel. Ganggang mampu melakukan fotosintesis karena memiliki pigmen klorofil (berwarna hijau) dan juga memiliki pigmen karoten (berwarna kuning), pigmen fikoeretrin (berwarna merah), pigmen fukosantin (berwarna cokelat), pigmen fikosianin (berwarna biru). Berdasarkan struktur dan warna tubuhnya, ganggang digolongkan menjadi empat, yaitu ganggang hijau (Chloruphyta), ganggang pirang (Crhysophyta), ganggang merah (Rhodophyta), dan ganggang kersik (Bacillariophyta).
c. Jamur
jamur merupakan organism eukariota, artinya sel-sel jamur memiliki sel yang dibatasi oleh membrane. Jamur ada yang bersel satu dan bersel banyak. Jamur bersel satu contohnya ragi, dan jamur bersel banyak contohnya jamur kuping.
Tubuh jamur tidak berklorofil sehingga tidak dapat membuat makanan sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, jamur menyerap sisa-sisa makanan dari sisa makanan mahluk hidup yang lainnya. Jamur ada yang bersifat parasit, yaitu memakan makanan dari tempat hidupnya dan sporofit yaitu makan sisa makanan mahluk hidup yang ditempatinya.
2) tumbuhan Paku
a. Tumbuhan paku
Tumbuhan paku terdiri dari empat kelas, yaitu paku purba (Psilophytanae), paku kawat (Lycopodinae), paku ekor kuda (Equisetinae), dan paku sejati (Filicinae). Paku purba merupakan paku telanjang (tidak berdaun) atau berdaun kecil-kecil (mikrofil) yang belum terdiferensiasi. Contohnya: Psilotun nudum. Paku kawat memiliki akar dan batang bercabang-cabang menggarpu, daun-daun kecil (mikrofil), tidak bertangkai, dan pada beberapa jenis mempunyai lidah-lidah (ligula). Contohnya: Lycopodium clavatum dan Lycopodium cernuun. Paku ekor kuda umumnya hidup berkelompok dalam jumlah besar di tempat yang lembab. Susunan batangnya bercabang-cabang dan berkarang dengan ruas-ruas yang terlihat jelas. Contohnya: Equisentum debile. Paku sejati umumnya dikenal dengan tumbuhan paki. Tempat hidupnya ada di air dan di tanah. Contohnya: Suplir (Adiantum cuneatum) dan paku tandukk rusa (Platycerium bifurcatum) merupakan tanaman paku hias dan Dryopteris felixmas bermanfaat sebagai obat-obatan.
b. tumbuhan berbiji
berdasarkan letak bijinya tumbuhan berbiji dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutu (Angiospermae). Tumbuhan berbiji terbuka di sebut juga tumbuhan berbiji telanjang, karena bijjinya tidak terbungkus oleh daun buah. Contohnya: pakis haji (Cyas rumphii), pinus, belinjo (Gnetum gnemon), dan ginkgo biloba.
Tumbuhan biji tertutup memiliki bakal biji yang tertutup oleh bakal buah. Berdasarkan susunan bijinya, tumbuhan berbiji tertutup dibedakan menjadi dua, yaitu dikotil dan monokotil.
a) Tumbuhan Dikotil
cirri-cirinya, memiliki susunan akar tunggang, batang umumnya bercabang, batang atau cabang terbesar berhadap-hadapan atau berkarang, tulang-tulang daun menyirip atau menjari, bagian bunga berjumlah atau kelipatan 2,4,5, biji berkeping dua, dan memiliki cambium sehingga batang dapat tumbuh membesar. Contohnya: karet , kacang, mangga, san lain sebagainya.
b) Tumbuhan Monokotil
cirri-cirinya, memiliki akar serabut, batang tidak bercabang-cabang, tidak memiliki cambium, urat daunnya memanjang atau melengkung, kelopak atau mahkota bunga berjumlah tiga atau kelipatan tiga, dan biji berkeping satu. Contohnya: padi, jagung, jahe, vanili, kelapa, dan lain sebagainya.

Sabtu, 29 Juni 2013

Printer Epson T13 Tidak bisa ngeprint/Tinta Macet

Printer epson T13 tinta macet, Tidak bisa ngeprint

Apakah  anda pernah mengalami masalah yang bikin pusing tentang printer epson T13, Pada saat lagi banyak laporan yang harus diprint ternyata Printer epson T13 macet dan tidak bisa untuk ngeprint. tinta macaet ini karena botol tintanya jatuh dan tinta meluber kemana- mana lantainya samapi kotor saya bersihkan dengan kain pel susah hilangnya karena saya memakai tinta original epson yang buatan USA, Sebenarnya tinta tersebut memang bagus untuk mencetak foto. Sempat ada fikiran untuk membawa ke tukang service printer karena saat untuk ngeprint ada keterangan tinta ada tanda silang, printer saat diberi perintah untuk ngrint tidak mau bergerak dan ada tugas ngeprint laporan yang sifatnya penting.
Dan untuk gambarnya seperti ini:
Printer epson tinta macet, Tidak bisa ngeprint | T13


Setelah otak- atik, tanya- tanya dan cari – cari berita akhirnya dapat solusi yang menurut saya sangat ampuh dan caranya pun sangat mudah untuk dijalankan anda hanya tinggal menekan tombol reset sebentar kurang lebih selama 15 detik saja.
Perhatikan gambar dibawah ini
Printer epson tinta macet, Tidak bisa ngeprint | T13
Solusinya:
Tekan tombol reset tersebut maka secara otomatis mesin printer akan menyedot tinta agar tinta kembali normal. Memang Printer T13 ini untuk harga termasuk printer yang mahal. Tetapi dengan kualitas printer untuk mencetak foto yang bagus dan perawatan yang mudah harga tersebut adalah harga yang wajar. Printer epson tinta macet, Tidak bisa ngeprint | T13
Penjelesan diatas tersebut ditulis sesuai kejadian perkara yang saya alami dengan printer epson T13, Jika anda bisa memperbaiki printer anda sendiri maka akan lebih nyaman dengan printer anda.
semoga bermanfaat...

INTEL VS AMD, Mana Lebih Baik?

INTEL VS AMD, Mana Lebih Baik?
Membeli komputer dapat menjadi proses panjang yang melibatkan banyak keputusan yang kompleks, tetapi semuanya harus diawali dengan memilih prosesor yang terbaik, Intel vs AMD, setelah itu pemilihan komponen-komponen lain akan lebih mudah.
Ketika Anda mulai memilih prosesor, Anda akan diperhadapkan dengan istilah-istilah yang rumit, mengenai jumlah core dan kecepatan clock, jenis socket dan kontroler memori, Wheel Loader, Piledrivers dan masih banyak lagi.
Mari kita kesampingkan istilah-istilah rumit tersebut dan mempermudah pembelian Anda dengan cara fokus pada pertanyaan yang lebih mendasar: Intel vs AMD, prosesor mana yang terbaik untuk Anda. Jawabanya adalah tergantung dana, kebutuhan dan spek komputer yang akan digunakan untuk bermain game itu sendiri. Blog motorseo sebenarnya ingin fokus pada tulisan tentang sepeda motor, blogging, sedikit seo juga web development, jika pun ada tulisan tentang pembahasan handphone atau komputer itu semata-mata adalah tulisan penghibur bagi para visitor yang datang. Tetapi, karena saat ini banyak yang bertanya tentang pembahasan komputer, saya pun mulai banyak menulis tentang topik ini. Ambilah contoh seperti pertanyaan “mana yang lebih bagus dan terbaik antara Intel atau AMD untuk bermain game?”, nah saya pun tergelitik untuk membahas topik yang satu ini secara ringan, mari kita lihat saja bersama.
Setelah Anda menemukan jawabannya, keputusan lain tentang PC baru Anda, akan lebih mudah untuk ditentukan.

Intel vs AMD: Prosesor Intel

Jika Anda mementingkan kinerja (dan mampu untuk membayarnya) maka prosesor Intel adalah pilihan Anda. Ada banyak pilihan type dan kecepatan prosesor yang tersedia, beli yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Prosesor 6-core Intel Sandy Bridge type E akan memberikan kecepatan yang maksimal. Contohnya: Intel Core i7 3930K (3.2Ghz, 12MB L3 cache), dari hasil tes, menunjukkan kalo jumlah core, cache dan quad-channel RAM DDR3 akan memberikan kemampuan yang luar biasa untuk komputer Anda.
Prosesor Intel Core i7 3930K masih cukup mahal saat ini, harganya saat ini sekitar 4-juta rupiah. Selain itu, Anda akan membutuhkan motherboard dengan socket LGA2011 yang tidak terlalu umum. Jadi, kebanyakan orang merasa lebih baik membelanjakan uangnya untuk membayar komponen yang lain.
Jika Anda ingin membeli CPU desktop biasa, Anda bisa memilih prosesor Intel Ivy Bridge, prosesor mainstream yang memiliki kecepatan yang bagus; dengan konsumsi daya yang rendah, atau kartu grafis dengan chipset terintegrasi, yaitu HD 4000, yang performnya 60% lebih cepat dari generasi sebelumnya. Kombinasi prosesor Intel Ivy Bridge dan Intel HD 4000 juga digunakan di Apple MacBook Pro dan Toshiba Qosmio X870, hasilnya adalah notebook dengan performa yang menawan.
Namun, beberapa tes menunjukan bahwa prosesor Intel Core i7 3770K dan Core i5 3570K tidak menunjukan kemampuan yang revolusioner. Tidak ada penambahan jumlah core, kecepatan clock dan cache memory-nya tetap sama. Tidak ada perubahan signifikan, selain adanya kartu grafis yang terintegrasi.
Di lain pihak, konsistensi ini juga mempunyai satu efek yang bagus, prosesor-prosesor model terbaru, masih akanmenggunakan motherbord Intel dengan soket LGA1155. Jadi Anda tidak perlu kuatir dengan pilihan motherboard. Motherboard type ini akan dapat menampung prosesor-prosesor yang lebih baru, tentunya setelah upgrade BIOS.
Dan ini juga berarti, jika budget Anda terbatas dan Anda mencari prosesor yang lebih murah, Anda bisa mempertimbangkan prosesor Intel Sandy Bridge generasi pertama. Walaupun sudah agak ketinggalan, tapi masih digunakan di beberapa laptop versi murah, seperti Sony T13 Ultrabook. Karena sekalipun sudah ketinggalan, prosesor Core i3 Sandy Bridge paling rendah pun, masih lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang umum.

Intel vs AMD: Kompetisi AMD

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana mugkin Intel mampu untuk merilis prosesor baru terus menerus, jawabannya sederhana: persaingannya sangat sedikit, terutama untuk prosesor komputer desktop.
Teknologi AMD terbaru, yang disebut dengan Bulldozer, telah terbukti mengecewakan. Prosesor ini memiliki 8 core, membuat Bulldozer berukuran besar (2 miliar transistor, lebih dari dua kali lipat jumlah transistor Intel). Konsumsi daya-nya tinggi dan kinerjanya tidak bagus, dengan perbandingan single-threaded menunjukkan Bulldozer memberikan kecepatan yang lebih rendah daripada versi sebelumnya, yaitu AMD Phenom II.
Untuk prosesor komputer desktop, memang AMD tidak sebanding dengan Intel, tetapi untuk dunia mobile, atau platform kecil seperti komputer all-in-one, ceritanya sedikit berbeda.

AMD melakukan terobosan di prosesor AMD Seri A generasi kedua, yang sebelumnya dikenal sebagai Trinity. Prosesor ini dilengkapi dengan teknologi core baru, yaitu Piledriver (evolusi dari Bulldozer), grafis terintegrasi yang lebih cepat, manajemen daya yang lebih baik, lebih hemat energi, sehingga bisa menghemat baterai.
Hasil akhirnya adalah teknologi baru dari AMD ini jauh melampaui prosesor mobile AMD versi lama, dalam hal kecepatan CPU, dan bahkan sangat mendekati performa Intel.
Dan yang menarik adalah kartu grafis terintegrasi yang dibawa oleh teknologi AMD terbaru ini, performanya hampir dua kali lipat dari teknologi HD 4000 milik Intel. Ini berarti, laptop akan dapat memainkan game-game versi terbaru dengan resolusi yang bagus. Ini adalah sebuah terobosan yang bagus dari AMD

Intel vs AMD: mana yang terbaik?

Kita telah menelaah dua produk, jadi, mana yang terbaik? Semuanya tergantung pada apa yang Anda cari.
Jika budget Anda terbatas, Anda bisa memilih Intel Pentium G640, prosesor dual-core dengan harga yang ekonomis, tetapi lebih dari cukup untuk mengerjakan komputasi dasar dan pemrosesan data sederhana. Dan karena soket yang digunakan adalah LGA 1155 standar, maka Anda bisa meng-upgrade prosesornya ke versi yang lebih cepat, apabila diperlukan dikemudian hari
Atau jika Anda seorang penggemar AMD, gunakan FX-4100, teknologi lama quad-core dengan kecepatan 3.6GHz, tapi masih lebih dari cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda.
Namun jika Anda memerlukan performa yang tinggi, pilihlah prosesor Intel yang paling tinggi yang mampu Anda beli.
Untuk tingkat rendah, Anda bisa memilih prosesor Sandy Bridge 2,9 GHz Core i5-2310. Tetapi jika Anda ingin teknologi yang mendekati performa Ivy Bridge, pilih Sandy Bridge Core i5 3570K yang harganya tidak selisih terlalu jauh, dan masih masuk akal.
Dan jika harga bukan kendala, maka Anda bisa memilih Sandy Bridge E yang berbasis Intel Core i7 3930K. Hanya perlu diingat bahwa ini bukan prosesor untuk pengguna desktop biasa, dan memerlukan motherboard dengan soket LGA2011.
Kemudian, jika pilihan Anda adalah sebuah Laptop, disinilah keputusannya menjadi agak sulit.
Seperti kita bahas sebelumnya, Anda hanya bisa memilih laptop dengan prosesor Intel, dari Sony Vaio Ultrabook T13 yang murah, hingga Ultrabook Toshiba Z930 yang sudah cukup bagus performanya,.
Tetapi laptop yang dilengkapi dengan prosesor AMD Seri A terbaru, bakal memiliki beberapa keunggulan, khususnya grafis terintegrasi yang impresif. Jika Anda ingin dapat bermain permainan modern dengan anggaran yang wajar, maka prosesor ini mungkin layak ditunggu.
Jika Anda mencari sistem dengan CPU mobile, perkembangan teknologi akhir-akhir ini, akan membuat pilihan Anda berkembang lebih luas. Jika Anda tidak tergesa-gesa, Anda bisa menunda pembelian Anda hingga dua atau tiga bulan ke depan, sambil menunggu perkembangan teknologi ini.

Daging Sapi Menurut Hindu


Daging Sapi Menurut Hindu

Menurut ajaran agama hindu sapi merupakan lambang dari IBU pertiwi yang memberikan kesejahtaraan kepada semua mahluk hidup di bumi ini. Sapi memang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti di India, terdapat system pengobatan yang dinamakan Yayur Veda. Salah satu tekinik pengobatannya disebut dengan “panca gavya” yaitu lima bahan yang menyucikan, yang diahasilakan olehsapi, yaitu : susu, yoghurt, ghee, kencing (urine) sapid dan kotoran sapi. Hasil dari para ilmuan, diaketahui bahwa air kencing sapi dan kotoran sapi mengandung anti septic yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bahkan didalam yajnya dan memandikan pratima di berbegai kuil, bahan” ini sanagat diperlukan tanpa panca gavya, seseorang tidak bisa menginstalasi pratima di dalam kuil. Sapi juga membantu petani di dalam bergai hal, selain untuk membajak sawah kotorannya dapat diguanakan sebagai pupu yang memperbaiki lingkungan. Jadi sesuai dengan ajaran agama hindu, apakah seorang manusia tega membunuh sapid an memakan dagingnya??? Sedangkan sapi telah memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupa. Oleh sebab itu sebagian besar umat hindu di dunia berpantang untuk mengkonsumsi daging sapi. Dan tidaklah meherankan banyak sekali arca” sapi di situs purbakalamaupun tempat” suci, ssebagai bentuk penghormatan kepada hewan ini.
Diuraikan juga bahwa orang yang membunuh sapi, atau makan daging sapi, akan menderita di neraka selama ratusan tahun untuk membayar satu dari bulu yang meraka makan. Jiakalau seseorang memakan daging sapi yang memiliki seratus ribu bulu, maka orang tersebut mesti menderita di neraka selama 100.ooo kali 100 tahun.
          Namun di saat sekarang kebanyakan org sepertinya tidak tahu menahu akan apa yang diakibatkan apa bila kita membunuh bahkan memakan daging sapi. Hal ini dapat di buktikan karena sebagian anak” sekarang lebih suka mengkonsumsi sosis yang beraneka jenis dagingnya dan salah satunya adalh daging sapi, bukannya orang tua memberitahu kepada anaknya bahwa sapi itu merupakan lambang dari IBU pertiwi yang patut kita hormati. Malainkan mereka juga ikut mengkonsumsinya.
Jadi menurut saya sesungguhnya umat hindu menghindari menyembelih sapi dan makan daging sapi tidak hanya sekedar takut dengan neraka, melainkan karena kasih sayang kepada sapi yang telah berkenan memberikan berbagai jenis mamfaat bagi kehidupan.

Posisi Tidur Menurut Hindu



Posisi Tidur Menurut Hindu

Menurut umat hindu di bali posisi tidur tidak boleh menghadap selatan atau barat Kerena arah utara dan timur dipandang sebagai arah yang di sucikan. arah utara dainggap sebagai dataran tingggi atau gunung yang di yakini sebagai lingga tidak bergerak sebagai linggih atau tempat bersemayamnya ida sang hyang widhi sebagai pencipta alam semesta dimana banyak didirikan tempat – tempat suci untuk menunjukan keagungan beliau. Sementara arah timur sebagai arah terbitnya matahari juga dianggap suci karena matahari dianggap sebagai symbol kekuasan dan keabadi’an tuhan yang dapat menerangi serta memberikan kehidupan bagi alam semesta ini. 

Sesuai dengan kupasan dari kidung Nitisastra VII,1-2 yang menyebutkan:
Perhatikan tempat kepalamu, waktu tidur beginilah pelajaran dari buku-buku. Jika kepalamu ditimur, akan panjang umurmu. Jika diutara engkau mendapatkan kejayaan. Jika letak kepalamu didarat, akan mati rasa cinta padamu, engkau akan dibenci para sahabatmu dan jika membujur keselatan, akan pendek umurmu dan menyebabkan rasa dukacita.

Apabila dikaitkan dengan manusia, bagian yang paling utama adalah kepala, yang merupakan bagian paling suci kerena sebagai pusat pengendali dan keseimbangan di dalam tubuh kita. Jika kita tidur dengan kepala menghadap ke utara / barat hal itu sama saja kalau kita tidak menghormati keberadaan tuhan yang berstana di puncak gunung serta merendahkan beliau dalam wujud matahari.