Selasa, 09 Juli 2013

Jalan Tol Bali

 JALAN TOL DIATAS PERAIRAN (JDP) BALI

Pulau Bali memang tidak ada habisnya menciptakan objek-objek wisata baru yang indah. Salah satu baru-baru ini adalah Jalan Tol Diatas Perairan (JDP) yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai-Bnoa. Sebagai sebuah proyek Jalan tol pertama di Bali, Jalan tol ini sangat spesial dan diklaim akan menjadi jalan tol terindah di Indonesia. Jalan tol yang memiliki total panjang jalan 8,12 km ini merupakan jalan tol pertama yang melintas di atas permukaan laut. Jalan tol ini memang dirancang sedemikian rupa, sehingga bisa melintasi teluk Benoa. Selain melintas di atas permukaan laut, ada bagian jalan tol yang juga berada di jalur bawah permukaan tanah.

Tujuan dibangunnya proyek jalan tol ini adalah untuk mengatasi kemacetan di Pulau Bali yang semakin padat. Dengan lahirnya jalan tol terindah ini diharapkan wisatawan jadi lebih nyaman dan cepat dalam mencapai tempat wisata yang diinginkan. Uniknya lagi, jalan tol ini tak hanya dikhususkan untuk kendaraan roda empat atau lebih, karena sepeda motor juga diberi jatah untuk bisa melewati jalan tol ini. Saat ini pembangunan jalan tol sudah mencapai 86% dan diharapkan April 2013, proyek ini sudah rampung dan mulai dioperasikan bulan Juli 2013. 
Jalan Santai Pembukaan JDP 6 Juli 2013
Dari pengalaman yang saya dapat ketika melintasi jalan tol ini sangatlah banyak sekali. Dimana Tol JDP memiliki keindahan pemandangan alam yang sangat unik. Dimana dari jalan yang dibangun dengan dana mencapai Rp 2,4 triliun tersebut, wisatawan dapat melihat langsung fenomena matahari terbit dan terbenam dari satu titik. Konon katanya untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin menikmati sun rise dan sun set di jalan tol maka nantinya Jasamarga akan menyediakan tempat istirahat atau rehat. Hal ini untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan akibat wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam ketika melewati jalan tol.

0 komentar:

Poskan Komentar