Senin, 22 Juni 2015

Laporan PPL-Awal

PPL-Awal (Program Pengalaman Lapangan Tahap Awal) merupakan program yang dirancang oleh pihak Lembaga UNDIKSHA (Universitas Pendidikan Ganesha) dalam rangka menyediakan kesempatan bagi para mahasiswa kependidikan untuk memperoleh pengalaman lebih awal mengenai kehidupan sekolah baik secara fisik maupun nonfisik.

Seluruh mahasiswa di Undiksha diwajibkan mengikuti PPL-Awal karena ini merupakan persyaratan utama untuk dapat mengikuti program Micro-teaching (program simulasi belajara mengajar di kelas yang dilaksanakan oleh sesama mahasiswa yang secara bergilir berperan sebagai pendidika dan peserta didik). Lalu program Micro-teaching merupakan program wajib sebagai persyaratan melakasanakn PPL-Real yang nantinya juga menjadi persyaratan dalam menyusun skripsi (tugas akhir). 

PPL-Awal dimulai pada akhir semester II, karena dimaksudkan kegiatan ini berlangsung saat kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah latihan telah dimulai, yaitu pada pertengahan Juli. Kegiatan PPL-Awal dilaksanakan selama minimal dua minggu. Biasanya para mahasiswa memilih sekolah asalnya sebagai sekolah latihan.

Sebelum kegiatan ini dimulai, para mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan semester II diharapkan mendaftarkan dirinya pada LPPL UNDIKSHA (Lembaga Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha). Setelah itu, akan dilaksanakan kegiatan pembekalan PPL-Awal oleh para dosen untuk memperkenalkan dan menjelaskan tentang kegiatan PPL-Awal. 

Dalam PPL-Awal, mahasiswa diharapkan mempersiapkan kelengkapan berupa program kerja, jurnal harian, dan instrumen-instrumen PPL-Awal. Kelengkapan ini yang nantinya menjadi pedoman dalam melaksanakan PPL-Awal. Berikut ini saya lampirkan link untuk mendownload laporan PPL-Awal. Semoga bermanfaat...
Lap. PPL-Awal (disini)

0 komentar:

Posting Komentar