Pengertian Psikologi pendidikan ialah kajian tentang bagaimana manusia belajar dalam latar
pendidikan, keberkesanan campur tangan pendidikan, psikologi pengajaran, dan
psikologi sosial sekolah sebagai pertubuhan. Walaupun istilah "psikologi
pendidikan" dan "psikologi sekolah" sering digunakan sebagai
sinonim untuk satu sama lain, para penyelidik dan ahli teori cenderung dikenali
sebagai ahli psikologi pendidikan, manakala pengajar di sekolah atau dalam
keadaan yang masih berkaitan dengan sekolah dikenali sebagai ahli psikologi
sekolah. Psikologi pendidikan melibatkan diri tentang bagaimana pelajar belajar
dan berkembang, seringnya dengan menumpukan subkumpulan seperti kanak-kanak
bergeliga dan mereka yang kehilangan upaya.
Sebagian psikologi pendidikan
dapat difahami menerusi hubungannya dengan disiplin-disiplin yang lain,
khususnya bidang psikologi. Ia memiliki hubungan dengan disiplin psikologi yang
seolah-olah hubungan antara perubatan dengan biologi, atau kejuruteraan dengan
fizik. Psikologi pendidikan pula menjelaskan berbagai-bagai bidang dalam kajian
pendidikan, termasuk reka bentuk pengajaran, teknologi pendidikan, perkembangan
kurikulum, pembelajaran organisasi, pendidikan khas, dan pengurusan bilik
darjah. Psikologi pendidikan meminjam daripada bidang sains kognitif dan sains
pembelajaran, serta dan menyumbang kepadanya. Di universiti, jabatan psikologi
pendidikan biasanya terletak di bawah fakulti pendidikan dan disebabkan ini,
mungkin mengakibatkan kekurangan kandungan psikologi pendidikan dalam buku teks
pengenalan psikologi.
(Borich & Tombari, 1997) Pengertian Psikologi pendidikan ialah satu disiplin yang memfokuskan kajiannya kepada pengetahuan teoretikal dan pengetahuan empirikal mengenai pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah
(Borich & Tombari, 1997) Pengertian Psikologi pendidikan ialah satu disiplin yang memfokuskan kajiannya kepada pengetahuan teoretikal dan pengetahuan empirikal mengenai pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah
(Whiterington, 1982:10) Pengertian
Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan
faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah
proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar. Dari
batasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antara psikologi
pendidikan dengan tindakan belajar. Karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa
ahli psikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi psikologi
pendidikan adalah soal belajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan
memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan
faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.
Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang
senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan
ini pada umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai
bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan
kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya
tindakan-tindakan belajar secara efektif.
(Banks & Thompson, 1995) Pengertian Psikologi pendidikan adalah Kajian tentang perlakuan atau tingkah laku manusia dalam proses pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah.
Itulah tadi Artikel tentang Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli. Jika ada salah kata atau penuliasan kiranya pembaca sudi untuk memberikan koreksi saran kritik dan komentarnya. Terimakasih dan sem
(Banks & Thompson, 1995) Pengertian Psikologi pendidikan adalah Kajian tentang perlakuan atau tingkah laku manusia dalam proses pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah.
Itulah tadi Artikel tentang Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli. Jika ada salah kata atau penuliasan kiranya pembaca sudi untuk memberikan koreksi saran kritik dan komentarnya. Terimakasih dan sem
0 komentar:
Posting Komentar