Senin, 14 Oktober 2013

Usaha



USAHA
  Pengertian Usaha
            Apakah bedanya usaha dalam kehidupan sehari-hari dengan dalam fisika? Dalam kehidupan sehari-hari, kata usaha dapat diartikan sebagai kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai tujuan tertentu. Usaha dapat juga diartikan sebagai pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu.
            Dalam fisika, pengertian usaha hampir sama dengan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari. Kesamaannya adalah dalam hal kegiatan dengan mengerahkan tenaga. Pengertian usaha dalam fisika selalu menyangkut tenaga atau energi. Apabila sesuatu (manusia, hewan, atau mesin) melakukan usaha maka yang melakukan usaha itu harus mengeluarkan sejumlah energi untuk menghasilkan perpindahan.
            NurAzizah (2007:46) menyatakan ”usaha merupakan hasil kali antara gaya dengan perpindahan yang dialami oleh gaya tadi. Jadi, jika suatu benda diberi gaya namun benda tidak mengalami perpindahan, maka dikatakan usaha pada benda tersebut nol”. Bila gaya bekerja pada sebuah benda sehingga benda berpindah selama gaya bekerja, maka gaya tersebut melakukan usaha. Rumusnya adalah ;
W = F.s
Dengan:
W      = usaha
F        = gaya
S        = perpindahan benda

            Ketika berjalan, otot-otot kaki melakukan usaha. Namun, jika kamu hanya menahan sebuah benda agar benda tersebut tidak bergerak, itu bukan melakukan usaha. Seseorang yang sudah menahan sebuah batu besar agar tidak menggelinding ke bawah tidak melakukan usaha, walaupun orang tersebut telah mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menahan batu tersebut. Jadi, dalam fisika, usaha berkaitan dengan gerak sebuah benda. Saat kita mendorong atau menarik benda, kita mengeluarkan energi. Usaha yang kita lakukan tampak pada perpindahan benda itu.
             Hubungan antara energi dan usaha. Misalnya, air memiliki energi untuk menghanyutkan kayu. Satuan usaha sama dengan satuan energi, yaitu Joulu (J). ketika manusia ingin memudahkan dalam melakukan usaha maka diperlukan suatu peralatan. Dalam ilmu fisika, peralatan tersebut disebut dengan pesawat. Karena pesawat yang digunakan sederhana maka disebut pesawat sederhana.
Adapun keuntungan dalam menggunakan pesawat anatara lain:
1.      Dapat mengubah energi
2.      Mengurangi gaya
3.      Mempercepat pekerjaan
4.      Mengubah arah

0 komentar:

Posting Komentar