Senin, 13 Januari 2014

Cara Merawat Baterai Laptop dengan Baik dan Benar

Segala hal yang berhubungan dengan gadget, banyak informasi yang bisa kita temui seperti cara merawat baterai laptop ini. Hal yang penting untuk diketaui adalah perawatan yang tepat dengan karakteristik baterai isi ulang. Nah.., bagaimana cara merawat baterai laptop, berikut kami akan berikan beberapa tips cara merawat baterai laptop agar senantiasa awet dan membuat kita merasa nyaman menggunakannya.Berikut ini ada bebrapa cara merawat baterai laptop agar tahan lama :

  • Jangan gunakan laptop saat baterai kritis
Kebanyakan laptop mungkin tidak mengatur tingkat baterai kritis saat kondisi mendekati 0 persen. Memeras tenaga dari baterai lithium ion ( jenis yang digunakan dalam laptop saat ini ) saat daya baterai ingin habis, akan melemahkannya. Melakukan hal ini sekali atau dua kali tidak akan membunuh baterai, namun efek kumulatif sering mengosongkan baterai ini, akan memperpendek umur baterai. Namun kabar baiknya saat ini, sebagian besar laptop modern telah dirancang untuk mematikan laptop sebelum baterai kosong namun, jangan menonaktifkan fitur ini untuk cara merawat baterai laptop agar tahan lama.
  • Menjaganya tetap dingin
Panas akan merusak baterai dan mengurangi hidupnya secara keseluruhan. Bila menggunakan laptop, pastikan jalur udaranya baik. Jangan pernah bekerja dengan laptop di bantal. Jika memungkinkan, tempatkan laptop dengan mengangkatnya agar aliran udaranya lancar. Bersihkan juga ventilasi udaranya sering kali dengan udara terkompresi yang dapat ditemukan pada toko komputer. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaannya dan melakukan pembersihan hanya ketika notebook dimatikan.
  • Istirahatkan baterai
Jika bekerja dengan laptop dalam waktu yang lama dengan listrik selama seminggu atau lebih, keluarkan baterai untuk di istirahatkan. Jika tidak, dikeluarkan pada, anda bisa tidak mengeluarkannya namun jangan digunakan sama sekali. Jangan keluarkan baterai saat komputer menyala atau bahkan dalam modus siaga. Hal tersebut akan merusak sistem dan mungkin merusak hardware juga. Bahkan memasukkan baterai ke laptop saat sedang digunakan dapat merusak sistem. Jadi hanya keluarkan atau memasukkan kembali baterai saat laptop benar-benar mati atau hibernate
  • Jangan membuat laptop sobat bekerja keras setiap hari karena akan mempercepat kerusakan laptop dan baterai. Jadi gunakan laptop dengan bijak, jangan biarkan hidup bila tidak sedang digunakan.

  • Pastikan ruangan dimana sobat berlaptop-ria senantiasa sejuk dan sebisa mungkin hindari penggunaan laptop di tempat yang panas.

  • jangan biarkan baterai laptop sampai kosong sekali karena akan merusaknya, jadi bila indikator baterai sudah di LOW, diusahakan agar segera menchargernya

  • Kalau baterai laptop sudah penuh, segera cabut charge.

  • Hindari baterai dari air, debu dan panas matahari langsung.

  • Diusahakan jangan gunakan laptop pada saat di charge.

  • Perhatikan tegangan listrik saat charge baterai laptop karena jika tegangan listrik tidak stabil akan mempercepat kerusakan adaptor dan baterai

Sebisa mungkin atur kecerahan layar monitor untuk menghemat daya dan memperingan kerja baterai
sekian dulu tips cara merawat batere laoptop dengan baik dan benar yg dapat saya berikan. terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar