Kamis, 23 Januari 2014

Sejarah Club Chelsea

Chelsea terbentuk pada tahun 1905 dan langsung terpilih untuk masuk liga sepakbola pada Divisi II. Mereka kehilangan gelar (silverware) sepuluh tahun kemudian karena kekalahan pada Final Piala FA. The Blues harus menunggu hingga tahun 1955 untuk meraih gelar pertama ketika diarsiteki oleh pelatih Ted Drake meraih gelar juara liga. Chelsea memenangkan juara piala liga untuk pertama kali tahun 1965 kemudian kalah pada final piala FA dua tahun kemudian.

Menampilkan pemain seperti Ron “Chopper” Harris, Ian Hutchison, dan Peter Osgood, Chelsea mengalahkan Leeds untuk kemudian memenangkan Piala FA tahun 1970. Musim berikutnya merebut Piala Winners Cup dengan mengalahkan Real Madrid.

Masalah keuangan sempat membuat klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini turun ke Divisi II bahkan pada suatu waktu pernah hampir jatuh ke Divisi III. Akhirnya pada tahun 1984 the Blues kembali mendapatkan tempat sebagai tim papan atas, akan tetapi hanya bisa bertahan selama selama empat musim. Kemudian Chelsea berhasil menancapkan kembali kukunya di Divisi Utama setelah menjuarai Divisi II tahun 1989 dan semenjak itu menjadi klub papan atas hingga saat ini.

Ruud Gullit membawa Piala FA ke Stamford Bridge pada tahun 1997 yang kemudian diikuti suksesornya Gianluca Vialli dengan gelar Piala Liga dan Piala Winners Cup tahun 1998. Di Piala Super Eropa Chelsea berhasil mengalahkan Real Madrid 1-0 lalu pada tahun 2000 kembali meraih trofi Piala FA dengan mengalahkan Aston Villa 1-0 di Wembley. Setelah itu kepelatihan berpindah ke tangan Claudio Ranieri dimana pada masa ini the Blues sangat kental dengan aroma sepakbola Italia dan bahkan penyerang Gianfranco Zola sangat dicintai oleh publik Stamford Bridge.     

Juni 2003 pengusaha minyak asal Rusia Roman Abramovich mengambil alih kepemilikan Chelsea dari Ken Bates seharga 140 juta pounds. Belakangan diketahui Ken Bates membeli Leeds United dari hasil penjualan mantan klubnya tersebut. Momen ini kembali menjadikan Chelsea sebagai klub besar di Inggris dan bahkan Eropa dengan dukungan finansial yang sangat kuat dari pengusaha minyak Rusia tersebut.

Dimulai era Mourinho yang mendatangkan gelar Juara Premier League pada 2004 setelah sebelumnya menjadi runner-up di musim 2003 lalu menjadi runner-up Champions League tahun 2008, secara berkala bisa dikatakan Chelsea dilatih oleh world class skill. Dari nama tenar seperti Guus Hiddink, Luiz Felippe Scolari hingga pada 2011 Andre Villas-Boas sebagai penerus dan anak didik Jose Mourinho menandatangani kontrak di Stamford Bridge.

source: Viva News

0 komentar:

Posting Komentar