Media Pembelajaran Merupakan Sahabat Guru dan Siswa
Media pembelajaran merupakan bagian yang
penting dalam sistem pembelajaran. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Terdapat
bermacam-macam media pembelajaran antara lain media pembelajaran berdasarkan
kemampuan inderanya, media pembelajaran berdasarkan kemampuan liputannya, dan media
pembelajaran berdasarkan dimensinya.
Pembuatan
media pembelajaaran yang akan digunakan harus memperhatikan dan memenuhi
syarat-syarat tertentu yaitu faktor edukatif, faktor teknik pembuatan, dan
faktor keindahan (Estetika). Media pembelajaran dapat digunakan dimana saja
sesuai kebutuhan baik secara perseorangan, kelompok, maupun siswa dalam jumlah
banyak (masal). Media pembelajaran memiliki banyak fungsi dalam proses
pembelajaran, diantaranya sebagai pemusat perhatian siswa, menggugah
emosi siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih kongkret, dan sebagainya.
Selain itu tujuan dari adanya media pembelajaran antara
lain, yaitu mengembangkan berbagai alternatif media sederhana yang kreatif dan
berkesinambungan, membangun jaringan kerja dalam upaya mengembangkan berbagai
media alternatif yang kreatif, sederhana dan murah. Berbagai manfaat yang
didapat dari media pembelajaran itu sendiri, diantaranya bagi guru yaitu dapat menjelaskan materi pembelajaran
atau obyek yang abstrak menjdi konkrit, mempermudah dan mempercepat guru
menyajikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat mengerti, dan mengatasi
keterbatasan waktu, ruang daan indera. Sedangkan bagi siswa manfaat media
pembelajaran antara lain siswa dapat mempelajari materi yang telah dipelajari
secara berulang-ulang, siswa dapat belajar secara individual, kelompok, dan
klasikal, serta materi pembelajaran akan mudah diingat dan mudah diungkapkan
kembali oleh siswa.
Dengan adanya media pembelajaran diharapkan guru dapat lebih
kreatif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Selain itu guru juga harus
mengetahui karakteristik daya tangkap dari siswa agar dapat menyesuaikan dengan
media yang akan dibuat agar proses pebelajaran lebih maksimal dan siswa dapat
memahami dengan baik dan dapat diingat.
0 komentar:
Posting Komentar