Jumat, 13 Desember 2013

Media Pembelajaran Merupakan Sahabat Guru dan Siswa



Media Pembelajaran Merupakan Sahabat Guru dan Siswa

Media pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam sistem pembelajaran. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Terdapat bermacam-macam media pembelajaran antara lain media pembelajaran berdasarkan kemampuan inderanya, media pembelajaran berdasarkan kemampuan liputannya, dan media pembelajaran berdasarkan dimensinya.
Pembuatan media pembelajaaran yang akan digunakan harus memperhatikan dan memenuhi syarat-syarat tertentu yaitu faktor edukatif, faktor teknik pembuatan, dan faktor keindahan (Estetika). Media pembelajaran dapat digunakan dimana saja sesuai kebutuhan baik secara perseorangan, kelompok, maupun siswa dalam jumlah banyak (masal). Media pembelajaran memiliki banyak fungsi dalam proses pembelajaran, diantaranya sebagai pemusat perhatian siswa, menggugah emosi siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih kongkret, dan sebagainya. Selain itu tujuan dari adanya media pembelajaran antara lain, yaitu mengembangkan berbagai alternatif media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan, membangun jaringan kerja dalam upaya mengembangkan berbagai media alternatif yang kreatif, sederhana dan murah. Berbagai manfaat yang didapat dari media pembelajaran itu sendiri, diantaranya bagi guru yaitu dapat menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak menjdi konkrit, mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat mengerti, dan mengatasi keterbatasan waktu, ruang daan indera. Sedangkan bagi siswa manfaat media pembelajaran antara lain siswa dapat mempelajari materi yang telah dipelajari secara berulang-ulang, siswa dapat belajar secara individual, kelompok, dan klasikal, serta materi pembelajaran akan mudah diingat dan mudah diungkapkan kembali oleh siswa.
Dengan adanya media pembelajaran diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Selain itu guru juga harus mengetahui karakteristik daya tangkap dari siswa agar dapat menyesuaikan dengan media yang akan dibuat agar proses pebelajaran lebih maksimal dan siswa dapat memahami dengan baik dan dapat diingat.

0 komentar:

Posting Komentar