Jumat, 20 Desember 2013

Tenologi Hologram

Tekonologi zaman sekarang perkembangannya semakin pesat. Tipa detik, menit, jam, hari, maupun bulanan teknologi-teknologi baru terus bermunculan. Perkembangan tekonogi merambat pada segala bidang kehidupan terutama pada bidang komunikasi. Dalam suatu komunikasi sudah barang tentu ada interaksi yang terjalin antara manusia satu dengan manusia lainnya. Dalam percakapan di telepon, sistem komunikasi yang ada dipesawat telepon tersebut bukan hanya pesan tapi juga penerima telepon, saluran telepon dan perangkat-perangkat lainnya.Pernah melihat 3D Hologram dalam sebuah film ? Nah, saat ini teknologi tersebut bisa kita gunakan tidak hanya di film. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi komunikasi yang sudah semakin canggih. Berbagai kebutuhan manusia menuntut adanya perubahan teknologi yang bisa menunjang kehidupan manusia itu sendiri. Kepraktisan mungkin merupakan kunci utamanya. 3D Hologram merupakan teknologi komunikasi yang tergolong baru.

Hologram itu sendiri adalah sebuah teknologi grafik yang dibuat dengan menggunakan sinar laser dan mampu membuat gambar tiga dimensi.Dengan adanya teknologi ini, banyak pihak yang merasa diuntungkan. Teknologi ini membuat mereka tidak perlu lagi merasa bingung jika tidak bisa menghadiri suatu pertemuan. Jadi kita tinggal merekam apa yang ingin disampaikan, maka teknologi tersebut akan menampilkan sosok tubuh kita dalam bentuk hologram tersebut dan mengatakan apa yang telah kita rekam.
 
 
Fungsi 3D Hologram
     3D Hologram mampu digunakan untuk mengirim atau menghadirkan suatu benda atau pun manusia tanpa harus didatangkan secara langsung. Benda atau manusia yang dihadirkan pun dalam bentuk 3D, sehingga terlihat nyata. Prinsipnya adalah dengan merekam apa yang ingin kita sampaikan, lalu diolah dengan menggunakan teknologi hologram ini. Setelah pengolahan data terjadi, benda atau apapun yang kita rekam itu mampu kita hadirkan tanpa harus dihadiri langsung oleh benda atau manusia yang bersangkutan.
Hal ini pernah digunakan oleh Pangeran Charles saat memberika ceramah pada sebuah konferensi. Pangeran menghadirinya dengan menggunakan teknologi 3D Hologram ini. Teknologi 3D Hologram ini dibuat oleh perusahaan Musion System yang dimotori oleh Ian O’Connell di Inggris. Beberapa perusahaan seperti Adidas, Honda, Nokia, Tata Nano, Al Gore, Sir Alex Ferguson juga mulai melirik teknologi ini dan menggunakan jasanya.
Kelebihan 3D Hologram
Teknologi 3D Hologram ini sangat membantu berbagai kebutuhan manusia di zaman sekarang. Kesibukan dan mobilitas yang tinggi bisa teratasi dengan teknologi komunikasi ini. Contohnya saja adalah Pangeran Charles. Sebagai pangeran mungkin dia memiliki banyak kesibukan, namun dengan 3D Hologram ini dia bisa menghadiri konferensi tanpa harus hadir langsung ke tempat yang bersangkutan. 3D Hologram ini idenya mungkin sama dengan 3G dan webcam, namun kelebihan yang mencolok adalah bentuk 3D yang dihadirkannya. Bisa berinteraksi sudah dapat dipastikan iya, karena itulah fungsi utamanya. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengobati rasa kangen keluarga kepada anggota keluarga lain yang berada jauh dari mereka. Dengan menggunakannya, anggota keluarga bisa hadir di tengah keluarga, mengobati rasa kangen, tanpa harus repot-repot datang. Dalam dunia pendidikan hal ini juga sangat membantu. Jika zaman dahulu setiap siswa dan guru harus hadir dalam satu ruangan yang sama agar bisa bertatap muka langsung, tapi tidak dengan teknologi ini. Tanpa hadir pada satu ruangan yang sama, proses belajar pun tetap bisa berlangsung.
Dampak Positif
1.      Efisien waktu
2.      Berbagai kesibukan manusia untuk menghadiri banyak pertemuan bisa diwakili dengan  3D Hologram ini.
3.      Menghemat tenaga karena tidak perlu repot bolak-balik.
4.      Mobilitas yang tinggi menjadi tidak terganggu.
5.      Bisa mewakili bentuk asli yang sesungguhnya, sehingga orang tidak hanya membayangkan dalam otak saja.
6.      Bisa melakukan beberapa aktifitas di waktu yang sama. 
Dampak Negatif
  1. Tatap muka langsung frekuensinya jadi semakin kecil.
  2. Orang menjadi malas untuk repot karena sudah dimanjakan oleh teknologi
  3. Manipulasi, bisa saja data orang lain digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan.
  4. Orang yang ingin melakukan kejahatan, misalnya mencuri data rahasia orang lain tidak perlu datang langsung ke tempat bersangkutan.
  5. Orang yang ingin melakukan kejahatan, misalnya mencuri data rahasia orang lain tidak perlu datang langsung ke tempat bersangkutan.
  6. Orangtua yang sibuk bekerja bisa kehilangan waktu intimnya dengan anak-anaknya

0 komentar:

Posting Komentar