Minggu, 25 Mei 2014

Cara Memaksimalkan Waktu Anda Melalui Bisnis Online


Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pebisnis online adalah tidak fokus pada pekerjaannya dan lebih banyak membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
Misalnya saat pebisnis online mencoba untuk membuat artikel di blog atau websitenya, maka hal ini tidak dilakukan dengan secepat mungkin, melainkan seringkali bulak-balik membuka situs lain seperti Facebook, Twitter, Youtube dan lain-lain, hingga akhirnya waktu yang diperlukan untuk membuat artikel menjadi lebih lama bahkan tidak diselesaikan dengan baik.
Mungkin tidak semua orang bisa 100% menjadi produktif di media online, namun dengan berusaha untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan hal-hal yang berguna dan tersusun rapi, maka Anda dapat meningkatkan produktifitas kerja Anda jauh lebih baik dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.
Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan produktifitas Anda di bisnis online:
1. Multi Tasking
Hentikan hal ini! Banyak orang berpikir bahwa pasa saat mereka bekerja secara multi tasking, maka mereka sedang produktif mengerjakan pekerjaannya. Misalnya saat mereka menjawab panggilan telepon sambil merespon email kepada customer lain dan mengerjakan hal yang lain dengan waktu yang bersamaan. Ternyata ini salah besar, faktanya adalah ketika Anda mengerjakan tugas-tugas Anda secara bersamaan, maka Anda memerlukan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal tersebut. Lakukan tugas Anda satu demi satu, fokus pada pekerjaan dan bila perlu buat daftar apa yang harus Anda kerjakan satu persatu. Dengan demikian maka Anda dapat lebih fokus pada apa yang Anda kerjakan, dan kesalahan pun dapat dihindari.
2. Sibuk Dengan Pekerjaan Administrasi
Banyak pemilik bisnis online akhirnya menghabiskan sebagian besar waktu mereka pada pekerjaan 'administrasi', seperti membalas email, memeriksa statistik, mengirim invoice dan hal-hal lainnya. Sebagai pemilik bisnis, waktu Anda sangat berharga, dan Anda harus fokus pada hal-hal yang hanya dapat Anda lakukan sendiri. Untuk hal-hal lain yang bersifat administrasi dan dapat menghambat pekerjaan utama Anda, silahkan Anda serahkan kepada orang lain, atau biasa disebut Virtual Asisten.
3. Menunda-nunda Pekerjaan
Banyak pebisnis online membuat kesalahan dengan menunda semua tugas-tugas kecil yang mereka miliki, berpikir bahwa mereka bisa mengerjakannya nanti setelah mereka mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar. Hal ini dapat berakibat sangat tidak baik bagi bisnis Anda, jika Anda memiliki pekerjaan ringan seperti merespon email yang masuk di inbox Anda, selesaikan hal itu dengan segera, jangan ada alasan untuk menunda-nunda pekerjaan, walaupun hal itu kelihatan mudah dan sangat simple.
4. Lacak Waktu Anda
Melacak waktu Anda dapat menjadi cara yang bagus untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan waktu. Ada banyak program aplikasi yang saat ini bisa Anda gunakan, misalnya aplikasi untuk memonitor sebagian besar waktu yang Anda habiskan setiap hari.
5. Buat Skala Prioritas
Misalnya, jika Anda mendapatkan email komplain dari customer, itu bukanlah sesuatu yang perlu tanggapan dengan segera. Selesaikan pekerjaan Anda terlebih dahulu, setelah semua beres barulah Anda gunakan waktu Anda untuk menjawab komplain-komplain dari customer Anda, sehingga tidak mengganggu aktifitas pekerjaan Anda yang jauh lebih penting.

source: http://vibizlearning.com

0 komentar:

Posting Komentar