Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pebisnis
online adalah tidak fokus pada pekerjaannya dan lebih banyak
membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
Misalnya saat pebisnis online mencoba untuk membuat artikel di blog
atau websitenya, maka hal ini tidak dilakukan dengan secepat mungkin,
melainkan seringkali bulak-balik membuka situs lain seperti Facebook,
Twitter, Youtube dan lain-lain, hingga akhirnya waktu yang diperlukan
untuk membuat artikel menjadi lebih lama bahkan tidak diselesaikan
dengan baik.
Mungkin tidak semua orang bisa 100% menjadi produktif di media
online, namun dengan berusaha untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan
hal-hal yang berguna dan tersusun rapi, maka Anda dapat meningkatkan
produktifitas kerja Anda jauh lebih baik dan memperoleh hasil yang lebih
maksimal.
Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan produktifitas Anda di bisnis online:
1. Multi Tasking
Hentikan hal ini! Banyak orang
berpikir bahwa pasa saat mereka bekerja secara multi tasking, maka
mereka sedang produktif mengerjakan pekerjaannya. Misalnya saat mereka
menjawab panggilan telepon sambil merespon email kepada customer lain
dan mengerjakan hal yang lain dengan waktu yang bersamaan. Ternyata ini
salah besar, faktanya adalah ketika Anda mengerjakan tugas-tugas Anda
secara bersamaan, maka Anda memerlukan lebih banyak waktu untuk
melakukan hal-hal tersebut. Lakukan tugas Anda satu demi satu, fokus
pada pekerjaan dan bila perlu buat daftar apa yang harus Anda kerjakan
satu persatu. Dengan demikian maka Anda dapat lebih fokus pada apa yang
Anda kerjakan, dan kesalahan pun dapat dihindari.
2. Sibuk Dengan Pekerjaan Administrasi
Banyak
pemilik bisnis online akhirnya menghabiskan sebagian besar waktu mereka
pada pekerjaan 'administrasi', seperti membalas email, memeriksa
statistik, mengirim invoice dan hal-hal lainnya. Sebagai pemilik bisnis,
waktu Anda sangat berharga, dan Anda harus fokus pada hal-hal yang
hanya dapat Anda lakukan sendiri. Untuk hal-hal lain yang bersifat
administrasi dan dapat menghambat pekerjaan utama Anda, silahkan Anda
serahkan kepada orang lain, atau biasa disebut Virtual Asisten.
3. Menunda-nunda Pekerjaan
Banyak pebisnis online
membuat kesalahan dengan menunda semua tugas-tugas kecil yang mereka
miliki, berpikir bahwa mereka bisa mengerjakannya nanti setelah mereka
mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar. Hal ini dapat
berakibat sangat tidak baik bagi bisnis Anda, jika Anda memiliki
pekerjaan ringan seperti merespon email yang masuk di inbox Anda,
selesaikan hal itu dengan segera, jangan ada alasan untuk menunda-nunda
pekerjaan, walaupun hal itu kelihatan mudah dan sangat simple.
4. Lacak Waktu Anda
Melacak waktu Anda dapat
menjadi cara yang bagus untuk mengidentifikasi dan menghilangkan
pemborosan waktu. Ada banyak program aplikasi yang saat ini bisa Anda
gunakan, misalnya aplikasi untuk memonitor sebagian besar waktu yang
Anda habiskan setiap hari.
5. Buat Skala Prioritas
Misalnya, jika Anda
mendapatkan email komplain dari customer, itu bukanlah sesuatu yang
perlu tanggapan dengan segera. Selesaikan pekerjaan Anda terlebih
dahulu, setelah semua beres barulah Anda gunakan waktu Anda untuk
menjawab komplain-komplain dari customer Anda, sehingga tidak mengganggu
aktifitas pekerjaan Anda yang jauh lebih penting.
source: http://vibizlearning.com
Minggu, 25 Mei 2014
Cara Memaksimalkan Waktu Anda Melalui Bisnis Online
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar