Soal Asesmen Pra dan Pasca Program Tahap 1
Soal berikut merupakan soal yang harus bapak ibu guru lewati dalam tahap Bimtek Guru Belajar seri Covid-19 meliputi dua tahan yaitu di awal pembelajaran dan di akhir pembelajaran sebagai postest dan sebagai quis akhir Bimtek. Soalnya sama ketika Pra maupun Pasca Program Tahap 1. Selemat menikmati...
1. Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh
yang harus dipahami oleh guru adalah…
- Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
- PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
- Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
- Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
2. Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19,
Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala
atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan
adalah…
- Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
- Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
- Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online
berlangsung
- Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua
tugas tepat waktu
3. Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan,
hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah…
- Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
- Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
- Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
- Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
4. Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan?
- Agar memudahkan guru dalam mengajar
- Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
- Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
- Agar asesmen mudah dilakukan
5. Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan
peserta didik termasuk dalam cara 5M…
- Memanusiakan hubungan
- Memahami konsep
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan
6. Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat
laporan kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari
laporan yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk
masing-masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah…
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
7. Perhatikanlah daftar dibawah ini;
- Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang
dikerjakan peserta didik
- Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami
orangtua dan peserta didik
- Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu
peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah
pernyataan-pernyataan di atas?
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
8. Selain memanusiakan hubungan, melibatkan orang
tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui cara memilih
tantangan. Dari pilihan di bawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat
untuk direkomendasikan kepada orang tua?
- Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
- Menyusun jadwal belajar bersama anak
- Bertanya tantangan belajar kepada anak
- Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
9. Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni
menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui
hal tersebut, Guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya untuk
mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan Guru Roni
adalah…
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memanusiakan hubungan
- Memberdayakan konteks
10. Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh,
Guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Di beberapa
kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak
jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang
dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara 5M…
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan
- Memahami konsep
- Membangun keberlanjutan
11. Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan…
- Kurikulum
yang baru untuk masa pandemi
- Penyederhanaan
dari kurikulum nasional
- Gabungan
kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
- Penjabaran
dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
12. Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan
kecakapan hidup adalah salah satu prinsip Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat
menerapkan prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas…
- Pembelajaran materi penjumlahan dan
pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
- Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan
dengan menggunakan alat makan
- Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan
mengirim surat kepada Gubernur
- Pembelajaran materi organ pencernaan dengan
melakukan interview bersama dokter
13. Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari
pendidikan adalah…
- Konsep
- Keterampilan
- Konteks
- Kompetensi
14. Empat kemampuan yang menandai penguasaan
kompetensi pada siswa adalah ….
- Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
- Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
- Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
- Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
15. Guru Adi memberikan tugas proyek secara
berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan. Selama proyek berlangsung,
guru Adi meminta peserta didik untuk memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi
juga memberikan komentar dan masukan di laporan mingguan peserta didik.
Dari cerita diatas, dapat diketahui bahwa
pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis…
- Konten
- Konsep
- Kompetensi
- Topik
16. Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3
mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Setelah menentukan tujuan kompetensi yang
menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan 4, apa langkah
selanjutnya yang harus dilakukan?
- Menetapkan indikator yang mengukur capaian
kompetensi siswa
- Menentukan cakupan materi dan bahan
pembelajaran siswa
- Membuat aktivitas pembelajaran yang
menyenangkan siswa
- Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan
belajar siswa
17. Guru Prima akan mengajar materi listrik
untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel
di atas.
Sebelumnya, guru Prima melakukan asesmen diagnosis
dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja di Perusahaan
Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi tersebut, manakah
aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
- Memberi tugas menulis makalah tentang cara
kerja listrik
- Membuat acara talkshow bersama orang tua murid
yang bekerja di PLN
- Mengajak murid menghitung meteran listrik di
rumah
- Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
18. Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda
menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi
anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring, guru Dinda merasa bahwa peserta
didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat
dihindari jika guru Dinda melakukan…
- Asesmen formatif
- Asesmen kognitif
- Asesmen diagnosis awal
- Asesmen sumatif
19. Tujuan dari asesmen diagnosis di awal
pembelajaran adalah…
- Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
- Memonitor perkembangan non-kognitif dan
kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
- Memonitor keterlibatan orang tua selama
pembelajaran jarak jauh
- Memonitor perkembangan emosi dan psikologis
siswa
20. Dari pilihan berikut ini, manakah siklus
asesmen di awal pembelajaran yang tepat?
- Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non
kognitif – Tindak lanjut
- Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut –
Asesmen non kognitif
- Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif
– Asesmen non kognitif
- Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif –
Tindak lanjut dan evaluasi
21. Dalam melakukan persiapan asesmen diagnosis non
kognitif awal, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti..
- Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti
sesi kelas online?
- Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu
belajar dari rumah?
- Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama
belajar dari rumah?
- Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama
belajar dari rumah?
22. Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal
pertemuan, guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari
pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap…
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif
awal
23. Di tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan
menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan
banyak hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang
terdiri dari materi pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi dari kelas
3 dan 2. Yang dilakukan Guru Wendy merupakan tahapan…
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
24. Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis
kognitif dan non-kognitif awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai tinggi
pada asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis non-kognitif,
Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh
yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru
Tya lakukan adalah…
- Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk
mendukung pembelajaran jarak jauh
- Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya
terkait kendala yang dihadapi Adit
- Membuat aktivitas belajar yang kreatif
- Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran
jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
25. Guru Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal
tahun ajaran baru, Guru Irene memulai kelas meminta siswa bercerita dengan
menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang Guru Irene
berikan:
“Bagaimana kabar kamu hari ini?”
“Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar
di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
“Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan
dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”
Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang
sedang dilakukan Guru Irene merupakan langkah-langkah asesmen awal pada tahap…
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif
awal
26. Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk….
- Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik
menentukan tujuan dan tahapan belajar
- Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap
proses belajarnya
- Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain
terkait capaian kurikulum
- Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir
proses pembelajaran
27. Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar
oleh peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan kategori….
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen untuk belajar
- Asesmen sebagai belajar
- Asesmen terhadap belajar
28. Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
- Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas
selanjutnya
- Membandingkan pemahaman setiap peserta didik
di dalam kelas
- Untuk memenuhi penilaian hasil belajar
(raport)
- Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik
dalam topik sebuah mata pelajaran
29. Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala,
hal apa yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran?
- Guru mengajar semua kelompok, termasuk
kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar
di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
- Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada
siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar
di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
30. Asesmen diagnosis berkala termasuk ….
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen terhadap belajar
- Asesmen formatif
- Asesmen sumatif
31. Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen
formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan…
- Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik
untuk membantu proses belajar
- Berfokus pada proses belajar peserta didik dan
dilakukan di akhir semester
- Umpan balik pada peserta didik hanya untuk
topik pembelajaran tertentu
- Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan
hasil nilai ujian akhir
32. Seorang guru akan melakukan asesmen diagnosis
sebelum mengajar materi baru. Pada tahap persiapan, guru tersebut menyusun 10
soal sederhana. Bagaimanakah pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan?
- 2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal
pada materi yang akan dipelajari
- 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal
pada materi yang akan dipelajari
- 4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal
pada materi yang akan dipelajari
- 6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal
pada materi
33. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan….
- Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan
tugas melalui WAG/email
- Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta
murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
- Pembelajaran yang diberikan melalui media
elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
- Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan
kondisi murid
34. Penggunaan televisi dan radio merupakan media
dalam pembelajaran jarak jauh model….
- Dalam jaringan/online
- Luar jaringan /offline
- Terpadu (memadukan)
- Kunjungan guru
35. Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada
aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron
adalah…
- Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
- Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat
mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
- Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu
lain untuk kemudian didiskusikan bersama
- Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid
atau keterampilan komunikasi saat itu juga
36. Guru Amir mengajar di daerah pedesaan yang
tidak semua orangtua memiliki gawai (telepon pintar, televisi, radio). Model
pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir?
- Model PJJ dengan kelas daring
- Model guru kunjung
- Model kelas luring berkelompok kecil
- Model PJJ melalui televisi
37. Konsep utama pembelajaran terpadu (blended)
adalah….
- Guru menjadi sumber belajar utama yang
menentukan keputusan pembelajaran
- Pembelajaran berpusat pada peserta didik
dimana peserta didik mengakses sumber belajar daring maupun luring secara
mandiri
- Fasilitas internet menjadi sarana paling
penting dengan fitur yang bagus dan menarik
- Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas
daring maupun luring
38. Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang
anak mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia
dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan?
- Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran
karena ada tema yang perlu dikejar
- Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan
kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
- Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai
dengan tema pembelajaran
- Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak
untuk dijadikan konten belajar
39. Mengumpulkan tugas pembelajaran melalui e-mail,
Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktivitas
pembelajaran….
- Daring sinkron
- Daring asinkron
- Luring sinkron
- Luring asinkron
40. Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran
tatap muka. Jumlah rombongan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi
peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru
merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah
langkah yang dapat dipilih oleh guru?
- Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
- Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar
mengajar untuk semua peserta didik
- Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar
kerja/modul sebagai pendukung
- Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta
didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
41. Penggunaan media belajar seperti tape recorder,
radio, dan telepon merupakan media belajar yang berjenis….
- Visual
- Audio
- Audio visual
- Multimedia
42. Definisi dari pengetahuan konten adalah…
- Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau
metode belajar-mengajar.
- Pengetahuan mengenai standar teknologi
sederhana sampai yang canggih
- Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai
evaluasi
- Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan
dipelajari
43. Di dalam kelas, guru Ani menggunakan media
belajar audio visual karena menyadari peserta didiknya memiliki gaya belajar
yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
- Karakteristik peserta didik
- Potensi media dan teknologi
- Keadaan latar atau lingkungan
- Tujuan pembelajaran
44. Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan
daerah pada peserta didiknya. Untuk mengerjakan tugas tersebut, peserta didik
diminta untuk mewawancarai orangtua masing-masing. Pembelajaran tersebut
termasuk dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar….
- Pesan
- Bahan
- Orang
- Alat
45. Manakah diantara pengalaman belajar berikut
yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik….
- Melihat simulasi
- Melihat pameran
- Berpartisipasi dalam workshop
- Melakukan simulasi
46. Definisi dari media pembelajaran adalah….
- Berbagai atau semua sumber yang dapat
digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun
terkombinasi
- Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan
isi materi pengajaran
- Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
- Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan
kegiatan belajar dan mengajar di kelas
47. Kelebihan merancang sumber belajar sendiri
adalah….
- Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya
mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
- Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan
membuatnya
- Mudah ditemui di kehidupan nyata
- Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk
merancang dan membuat
48. Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran
matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan sebuah kubus, kawat, dan
penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut,
manakah yang termasuk media belajar?
- Ibu Tini sebagai guru matematika
- Bangun ruang sebagai kompetensi yang
dipelajari
- Kubus dan kawat yang digunakan untuk
menjelaskan materi pembelajaran
- Penggaris yang dipakai peserta didik untuk
mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
49. Dari pilihan berikut ini, manakah aktivitas
yang dilakukan guru pada tahap pengelolaan hasil asesmen?
- Membagi peserta didik dalam kelompok
berdasarkan hasil asesmen
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar
di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
- Melakukan penilaian untuk masing-masing
peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0
apabila jawaban salah
- Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling
sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
50. Setelah melakukan assasmen diagnosis awal, isma
seorang siswa kelas 5 SD, memiliki hasil assasmen dengan nilai 1 semester di
bawah rata-rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan
guru kelas 5 adalah ...
- Menghubungi orangtua isma dan meminta untuk
menemani Isma selama kelas online berlangsung
- Melakukan essasmen diagnosis ulang pada Isma
dan siswa lain yang nilainya di bawah rata-rata kelas
- Mengelompokkan siswa dengan nilai di bawah
rata-rata untuk mendapatkan pelajaran tambahan
- Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan
untuk Isma cuti sekolah
Demikian beberapa soal yang dapat saya bagikan
kepada rekan-rekan sekaian semoga bermanfaat.
Numpang promo ya Admin^^
BalasHapusajoqq^^cc
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami... (k)
di ajopk.com ^_~
segera di add Whatshapp : +855969190856