Selasa, 03 November 2020

KUIS KONSEP KURIKULUM PADA KONDISI KHUSUS TAHAP 1 – TOPIK 2

 KUIS KONSEP KURIKULUM PADA KONDISI KHUSUS TAHAP 1 – TOPIK 2


1.      Tujuan Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus…

o    Tercapainya seluruh target kurikulum selama satu tahun

o    Pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orangtua

o    Segera berakhirnya pandemi untuk pembelajaran normal

o    Peningkatan penguasaan materi siswa selama masa pandemi

2.      Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus..

o    Siswa senang menjalani pembelajaran masa pandemi

o    Siswa tetap belajar meskipun di tengah pandemi

o    Menerapkan pembelajaran untuk kecakapan hidup

o    Menerapkan penguasaan cakupan materi yang lebih luas

3.      Yang bukan termasuk pilihan pelaksanaan kurikulum pembelajaran dalam keputusan Mendikbud tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, adalah …

o    Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional

o    Menggunakan kurikulum darurat

o    Membebaskan sekolah dari segala bentuk kurikulum

o    Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri

4.      Kurikulum pada kondisi khusus merupakan …

o    Penyederhanaan dari kurikulum nasional

o    Kurikulum yang baru untuk masa pandemi

o    Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan

o    Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu diberikan

5.      Dengan penerapan kurikulum pada kondisi khusus diharapkan…

o    Guru dan siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan setahun dengan cakupan yang telah ditentukan

o    Guru dan siswa dibebaskan dari berbagai beban kurikulum dan kompetensi yang tidak realistis

o    Guru dan siswa dapat melewati masa darurat pandemi Covid-19 dengan kompetensi minimal saja

o    Guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial yang diperlukan untuk kelanjutan pembelajaran

6.      Hal manakah yang dapat membuktikan penguasaan kompetensi siswa?

o    Kemampuan untuk membuat produk sesuai contoh

o    Kemampuan untuk memecahkan masalah terkait kehidupan

o    Kemampuan berpikir kritis dengan menjawab soal analisis

o    Kemampuan untuk mendapatkan nilai diatas KKM

7.      Pembelajaran berbasis kompetensi terlihat dari …

o    Berbagai kebutuhan siswa yang terfasilitasi dengan berbagai strategi pembelajaran

o    Berbagai materi yang bervariasi dan cukup luas cakupannya untuk dipelajari

o    Berbagai produk hasil akhir terlihat sebagai bukti tugas akhir yang sesuai materi

o    Meningkatnya capaian nilai KKM kelas dan sekolah selama satu tahun ajaran


SD - Rainbow Education

0 komentar:

Posting Komentar