Sabtu, 29 Juni 2013

Daging Sapi Menurut Hindu


Daging Sapi Menurut Hindu

Menurut ajaran agama hindu sapi merupakan lambang dari IBU pertiwi yang memberikan kesejahtaraan kepada semua mahluk hidup di bumi ini. Sapi memang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti di India, terdapat system pengobatan yang dinamakan Yayur Veda. Salah satu tekinik pengobatannya disebut dengan “panca gavya” yaitu lima bahan yang menyucikan, yang diahasilakan olehsapi, yaitu : susu, yoghurt, ghee, kencing (urine) sapid dan kotoran sapi. Hasil dari para ilmuan, diaketahui bahwa air kencing sapi dan kotoran sapi mengandung anti septic yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bahkan didalam yajnya dan memandikan pratima di berbegai kuil, bahan” ini sanagat diperlukan tanpa panca gavya, seseorang tidak bisa menginstalasi pratima di dalam kuil. Sapi juga membantu petani di dalam bergai hal, selain untuk membajak sawah kotorannya dapat diguanakan sebagai pupu yang memperbaiki lingkungan. Jadi sesuai dengan ajaran agama hindu, apakah seorang manusia tega membunuh sapid an memakan dagingnya??? Sedangkan sapi telah memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupa. Oleh sebab itu sebagian besar umat hindu di dunia berpantang untuk mengkonsumsi daging sapi. Dan tidaklah meherankan banyak sekali arca” sapi di situs purbakalamaupun tempat” suci, ssebagai bentuk penghormatan kepada hewan ini.
Diuraikan juga bahwa orang yang membunuh sapi, atau makan daging sapi, akan menderita di neraka selama ratusan tahun untuk membayar satu dari bulu yang meraka makan. Jiakalau seseorang memakan daging sapi yang memiliki seratus ribu bulu, maka orang tersebut mesti menderita di neraka selama 100.ooo kali 100 tahun.
          Namun di saat sekarang kebanyakan org sepertinya tidak tahu menahu akan apa yang diakibatkan apa bila kita membunuh bahkan memakan daging sapi. Hal ini dapat di buktikan karena sebagian anak” sekarang lebih suka mengkonsumsi sosis yang beraneka jenis dagingnya dan salah satunya adalh daging sapi, bukannya orang tua memberitahu kepada anaknya bahwa sapi itu merupakan lambang dari IBU pertiwi yang patut kita hormati. Malainkan mereka juga ikut mengkonsumsinya.
Jadi menurut saya sesungguhnya umat hindu menghindari menyembelih sapi dan makan daging sapi tidak hanya sekedar takut dengan neraka, melainkan karena kasih sayang kepada sapi yang telah berkenan memberikan berbagai jenis mamfaat bagi kehidupan.

1 komentar:

  1. itu mengenai hukuman 1 tahun neraka untuk setiap bulu sumbernya dari mana? bisa tolong di sebutkan?

    BalasHapus