Sabtu, 11 Mei 2013

Jenis-jenis Paragraf



Contoh Jenis-jenis Paragraf

1.     Paragraf Narasi
Pada saat liburan sekolah saya dan teman-teman pergi ke Nusa Dua. Nusa Dua merupakan salah satu daerah wisata di Bali. Di Nusa Dua, banyak sekali keunikan dan tempat menarik yang banyak di kunjungi toris. Perjalanan kurang lebih 1 jam dari terminal Batu Bulan dengan menggunakan Bus Trans Serbagita. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Water Blow. Pemandangan di sana sangat indah, dimana terdapat deburan ombak yang menghantam terumbu karang. Stelah itu, kami pergi ke pantai untuk beristirahat sambil di temani sebotol minuman. Tak terasa waktu sudah sore,kami pun bergegas untuk pulang agar tidak ketinggalan bus.

2.     Paragraf Deskriptif
Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai orang. Anjing terkenal karena sifatnya yang manja dan juga loyal pada tuannya. Ada berbagai jenis Anjing yang memiliki bulu yang panjang hingga yang pendek. Ada berbagai jenis Anjing seperti Golden, Buldog, Pit Bull, Mini Porn dan sebagainya. Jenis Anjing Golden memiliki ciri yang unik yaitu berupa telinga yang terlipat ke dalam dan bulu yang berwarna coklat keemas-emasan. Anjing jenis ini memiliki kepala yang agak lonjong dan juga mata yang bulat. Berbeda dengan jenis Pit Bull yang memiliki kepala berbentuk bulat dan seram.

3.     Paragraf Argumentasi
Memilih SMA tanpa pertimbangan yang matang hanya akan menambah pengangguran karena pelajaran di SMA tidak memberi bekal bekerja. Menurut Iskandar, sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah masuk SMA. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. Dia mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah. Misalnya, lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi, tetapi memaksakan diri masuk SMA, dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA. Tetapi tanpa lulus UAN mustahil bisa sampai perguruan tinggi.

4.     Paragraf Persuasi
Masyarakat Hindu di Bali mempunyai upacara kematian yang sangat unik dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ritual unik ini disebut dengan ngaben. Ngaben adalah ritual pembakaran mayat sebagai simbol penyucian roh orang yang sudah meninggal. Karena dalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai perlengkapan dengan biaya yang cukup besar, maka tak semua orang telah meninggal bisa langsung di aben. Jenazah yang belum di aben biasanya akan dikubur terlebih dahulu hingga menunggu perlengkapan ngaben telah siap. Jika ingin melihat ritual yang sangat unik ini, tidak ada salahnya anda berkunjung ke Provinsi Bali karena Upacara Ngaben dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat Hindu di Bali.

5.     Paragraf Eksposisi
Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

0 komentar:

Posting Komentar