Sabtu, 11 Mei 2013

Sosok Calon Pengganti SAF

Mengenal Sosok Calon Pengganti Sir Alex Ferguson

13582482751661152665
Alexander Chapman Freg, suksesor Manchester United ini lebih dikenal dengan sapaan Sir Alex Ferguson. Pelatih yang lahir 71 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 31 Desember 1941 di Glasgow Skotlandia. Terlahir sebagai penyerang, mengawali kariernya pada tahun 1957 sebagai pemain QPR (Queek Park Ranger) selama 6 musim membuat dirinya tenar dengan 32 penampilannya yang ciamik membuatnya berpindah - pindah klub. Terbukti FC St.Johnstone, Dunfermline Athletic, Ranger, Falkirk dan Ayr United telah meminangnya sebagai pemain. Tidak hanya itu, Sir Alex juga melakoni debutnya sebanyak 327 penampilan. Pensiun sebagai pemain, Sir alex langsung mencoba keperuntungan menjadi pelatih sepak bola. Tahun 1974 Sir Alex mengawali kariernya sebagai pelatih East Stirlingshine. Setelah sukses menengani beberapa klub, tahun 1986 dia dipanggil untuk melatih Manchester United.
Awal kariernya ketika menangani Manchester United tidak semulus ketika melatih FC Skotlandia (klub yang ia latih sebelum MU). Sir Alex pada musim perdananya hanya mampu membawa MU ke peringkat 11. Namun demikian lambat laun ia mampu mengatasi masalah MU, terbukti sampai saat ini telah mempersembahkan puluhan trofi. Ia pun mencetak rekor penjualan pemain termahal dunia, yakni pindahnya Christiano Ronaldo ke Real Madrid dengan bandrol 80 juta Euro.
13582483891090088045
Keuangan yang terus meningkat serta banyak fans memberikan dukungan membuatnya semakin tenar si MU. Hasrat yang menggebu - nggebu membuatnya ingin terus melatih Manchester United, tetapi melihat umur yang semakin menua membuatnya ingin segera pensiun. Dilaporkan dari media Inggris kemungkinan pensiunnya Sir Alex akhir kompetesisi Liga Primer Inggris tahun ini.
Banyak spekulasi nama yang dikaitkan, Pep Guardiola yang sekarang lagi kosong setelah mengundurkan diri dari kepelatihan Barcelona dikabarkan akan menggantikan Sir Alex. Selain itu Jose Mourinho yang sekarang lagi mengalami kesulitan di Real Madrid juga diberitakan menggantikan Sir Alex. “Saya ingin kembali ke Inggris” ungkap Jose Mourinho ketika jumpa pers.
TalkSport dan media Itali TuttoSport mengklaim Antonio Conte mempunyai peluang besar daripada dua kandidat di atas. Conte memiliki peluang besar menggantikan Sir Alex. Prestasi Conte membawa Si Nyonya Tua (julukan dari Juventus) meraih scudetto tanpa terkalahkan pada musim lalu membuat pelatih asal Italia itu layak diperhitungkan sebagai kandidat penerus Fergie. Conte pun mampu membawa Juventus berada di trek juara pada musim ini. Andrea Pirlo dan kawan-kawan masih berada di puncak klasemen hingga pekan ke-19 serie-A. Dilihat dari fakta yang ada, Conte sebelum menangani Juventus ia telah berhasil membawa Siena menjadi klub promosi di Serie-A.
Debutnya sebagai pemain pun bisa dibilang cukup gemilang, ketika berseragam Juventus untuk pertama kalinya ia langsung dimainkan saat melawan Torino dalam Derby della Mole pada tanggal 17 November 1991. Dengan cepat Conte berkembang di Juve dan menjadi salah satu pemain yang sukses membawa Juve juara Piala UEFA musim 1992-93. Setelah itu gelar lainnya pu menyusul. Ia berhasil mempersembahkan gelar Scudetto, Trofi Liga Champion, Piala Super Eropa dan piala Interkontinental.
Karirnya sebagai pemain tidak hanya itu, pada tahun 1996 - 2001 ia menjadi kapten Juventus menggantikan Gianluca Vialli yang hengkang pada bursa transfer. Tahun 2004 ia pensiun dan menjadi pelatih, ketika menangani Bari (Serie-B Itali) ia berhasil mengankat ke papan tengah yang awalnya berada di jurang degradasi. Musim berikutnya (2008 - 09) ia berhasil membawa Bari menjadi tim promosi di Serie-A. Dengan berhasilnya membawa Bari naik kasta, Conte pun pada tahun 2010 dikontrak untuk melatih Siena, alhasil Siena yang berada di Serie-B berhasil ia promosikan ke Seri-A.
1358248529982143684
Apakah Antonio Conte akan menggantikan Sir Alex Ferguson yang telah 27 tahun melatih Manchester United? Mungkin malah Pep Guardiola atau  Jose Mourunho yang akan menggantikannya? Kita tunggu saja, yang jelas para fans Setan Merah berdebar - debar menanti sosok pengganti Sir Alex Ferguson.
Sumber : http://olahraga.kompasiana.com

0 komentar:

Posting Komentar